Tulisan Tentang Telematika
23.52
Pelatihan Internet di PDE
Selasa, 29 Sepetember 2009 Penggunaan Internet telah mengubah pengunaan teknologi informasi. Di berbagai tempat di dunia, akses terhadap informasi menjadi lebih mudah dan murah dengan adanya media Internet ini. Electronic Government (e-Government) mendapat sorotan karena dianggap dapat menjadi pemacu dari penggunaan Telematika. Dikaitkan dengan otonomi daerah, maka kita akan melihat bahwa peranan Telematika menjadi penting bagi Pemerintah Daerah. Berbagai aktivitas dari Pemerintah Daerah terkait dengan informasi. Contoh dari “komoditas informasi” antara lain: • Sertifikat (akte kelahiran, tanah, dll.) • Perijinan (perusahaan, dll.) • Koordiniasi (antar departemen, biro, dengan Pemerintah Pusat, dsb.) • Hubungan masyarakat (public relation, informasi tentang kemampuan daerah, investasi, dll.) • Ivent Kalender Pemkab Sama halnya dengan kebutuhan individual, maka perlu diteliti juga kebutuhan informasi yang terkait dengan Pemerintah. Dari kebutuhan informasi tersebut baru dapat kita diidentifikasi aplikasi yang terkait. Aplikasi tidak semuanya membutuhkan transaksi.
Banyak aplikasi yang sekedar memberikan jawaban terhadap pertanyaan (query). Namun jumlah dari pertanyaan dan jawaban ini bisa banyak sehingga dapat dilayani dengan menggunakan aplikasi Telematika, seperti dengan membuat situs web. Sebagai catatan, beberapa Pemerintah Daerah di Indonesia sudah membuat situs web. Pada akhirnya, penggunaan Telematika ini dapat meningkatkan pelayanan Pemerintah terhadap masyarakat, yang merupakan tugas utama dari Pemerintah. Masih banyak kendala yang dihadapi dalam rangka mengimplementasikan atau mengaplikasikan Telematika pada Pemerintahan Daerah. Salah satu kendala utama yang ada di Indonesia adalah adanya keterbukaan atau transparansi. Tanpa adanya komitmen dari Pemerintah, maka penggunaan Telematika akan menjadi sia-sia. Kendala lain yang dihadapi oleh Pemerintah Daerah adalah kurangnya sumber daya manusia (SDM) setempat yang dapat mendukung kegiatan bisnis, ekonomi, dan Pemerintahan Daerah. Masalah ini menjadi sensitif jika dikaitkan dengan masalah seputar prioritas terhadap “putra daerah”. Penerapan Telematika dapat membantu Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kemampuan putra daerah dengan kemudahan mendapatkan informasi dari mana saja di seluruh dunia. Sebagian bantuan dan konsultasi dapat dilakukan melalui Internet tanpa perlu mendatangkan konsultan asing.
Jika dilihat dari sudut pandang ini, maka penerapan Telematika secara politis menjadi sangat penting. pelatihan yang diadakan Pemerintah Padang Pariaman ini sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan kualitas SDM di masing-masing SKPD-SKPD, Dinas, Kantor, Bagian-Bagian di lingkungan Pemerintahan Daerah Padang Pariaman. Ini merupakan langkah terbaik Pemerintahan Padang Pariaman untuk menghidupkan kembali semangat dan meningkatkan sumber daya manusia dalam pengenalan Situs web Pemerintah Daerah yang dapat dikatakan sebagai salah satu media informasi dan komunikasi dari suatu Pemerintah Daerah kepada masyarakat/publik mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan daerah bersangkutan. Bentuk penyajian informasi memanfaatkan perkembangan teknologi informasi komunikasi (Information Comummnication Technology), yaitu perubahan dari bentuk buku (publikasi konvensional) ke bentuk publikasi elektronik (media baru) melalui internet. beberapa materi yang kami dapatkan dalam pelatihan ini adalah sebagai beriku : Mengapa perlu dibuat situs web Pemerintah Daerah ? Situs web Pemerintah Daerah merupakan salah satu strategi didalam melaksanakan pengembangan e-government secara sistematik melalui tahapan yang realistik dan terukur. Berdasarkan sifat transaksi informasi dan pelayanan publik yang disediakan oleh Pemerintah Daerah melalui jaringan informasi, pengembangan e-government dapat dilaksanakan melalui 4 (empat) tingkatan, yaitu : Tingkat 1 – Persiapan - Pembuatan situs web sebagai media informasi dan komunikasi pada setiap lembaga. - Sosialisasi situs web untuk internal dan publik. Tingkat 2 – Pematangan - Pembuatan situs web informasi publik yang bersifat interaktif. - Pembuatan antar muka keterhubungan dengan lembaga lain. Tingkat 3 – Pemantapan - Pembuatan situs web yang bersifat transaksi pelayanan publik. - Pembuatan interoperabilitas aplikasi dan data dengan lembaga lain. Tingkat 4 – Pemanfaatan - Pembuatan aplikasi untuk pelayanan yang bersifat Government to Government (G2G), Government to Business (G2B), Government to Consumers (G2C).
Apa yang dimaksud dengan situs web Pemerintah Daerah ? Situs web Pemerintah Daerah dapat dikatakan sebagai salah satu media informasi dan komunikasi dari suatu Pemerintah Daerah kepada masyarakat/publik mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan daerah bersangkutan. Bentuk penyajian informasi memanfaatkan perkembangan teknologi informasi komunikasi (Information Comummnication Technology), yaitu perubahan dari bentuk buku (publikasi konvensional) ke bentuk publikasi elektronik (media baru) melalui internet. Untuk apa situs web Pemerintah Daerah dibuat ? Pembuatan situs web Pemerintah Daerah mempunyai sasaran agar masyarakat Indonesia dapat dengan mudah memperoleh akses kepada informasi dan layanan Pemerintah Daerah, dan ikut berpartisipasi di dalam pengembangan demokrasi di Indonesia dengan menggunakan media internet dan teknologi lain yang akan muncul di kemudian hari.
Situs web Pemerintah Daerah dibuat sesuai dengan keinginan pemerintah di dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat yaitu : 1) perolehan informasi secara mudah, benar, adil, dan luas cakupan; 2) penyebarluasan informasi melalui media elektronik yang meliputi : - semua bahan yang telah diterbitkan atau bahan-bahan yang telah berada di luar perlindungan hak cipta (boleh diketahui oleh umum); - semua informasi yang dibuat dan dikumpulkan sesuai undang-undang (tunduk kepada pertimbangan-pertimbangan kepekaan komersial dan rahasia pribadi); - semua dokumen yang diperlukan bagi kepentingan masyarakat. Situs Web Pemerintah Daerah dimaksudkan untuk diterapkan dan digunakan pada instansi-instansi Pemerintah Daerah yang secara teratur berhubungan satu sama lain, serta harus memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat. Apa yang diharapkan dari pembuatan suatu situs web Pemerintah Daerah ? Situs web Pemerintah Daerah merupakan ‘jendela’ informasi dari suatu Pemerintah Daerah, sehingga diharapkan mempunyai kualitas tinggi, mudah di dalam pengaksesan, dan insklusif, serta menampilkan citra yang berkaitan dengan kegiatan Pemerintah Propinsi, Kabupaten, dan Kota. Isi dan desain penampilan suatu situs web Pemerintah Daerah dapat bervariasi, tetapi fitur-fitur teknis dan manajemen praktis yang baik tidaklah banyak berbeda antara satu pengelola dengan pengelola lain.
Masalah apa yang perlu diperhatikan dalam membangun situs web Pemerintah Daerah ? Terdapat lima masalah yang perlu diperhatikan di dalam membangun dan meng-implementasi-kan strategi publikasi online, yaitu : • kegunaan – untuk keperluan apa suatu situs web Pemerintah Daerah dibuat ? • tanggung jawab – siapa pemilik situs web dan siapa yang bertanggung jawab ? • manajemen situs – bagaimana cara pemberian dan permintaan layanan ? • isi – bagaimana materi disediakan, dipelihara, dan dipresentasikan dalam bentuk online ? • pemutakhiran dan pemeliharaan – bagaimana cara melakukan pemantauan (penggunaan dan penampilan) dan pemutakhiran informasi pada situs web ? Bagaimana hubungan situs web Pemerintah Daerah dengan organisasi pemerintahan ? Suatu hal penting yang harus disadari bahwa keberadaan situs web Pemerintah Daerah yang dibuat, merupakan suatu bagian integral dari organisasi pemerintahan. Semua unit yang ada pada organisasi hendaknya memperhatikan bagaimana mereka dapat menggunakan internet sebaik-baiknya untuk berkomunikasi dengan kelompok-kelompok masyarakat pengguna internet. Instansi Pemerintah Daerah harus membantu perkembangan tingkat kesadaran dan pemahaman yang tinggi bagi seluruh aparat pemerintah mengenai pemanfaatan internet pada organisasi pemerintahan.
Kemampuan internet untuk memberi dan menerima informasi perlu dipahami sebagai suatu keterampilan inti dari informasi dan komunikasi. Diharapkan sebanyak mungkin aparat pemerintah dapat membaca situs yang dibuat oleh Pemerintah Daerah setempat. Siapa yang menangani manajemen situs web Pemerintah Daerah ? Manajemen informasi saat ini cenderung kearah publikasi elektronis dan meninggalkan pelayanan secara konvensional (non elektronik). Kehadiran teknologi media online menyebabkan perlunya seorang eksekutif yang menangani manajemen secara keseluruhan pada tingkat tertinggi. Situs web yang efektif merupakan salah satu strategi yang harus dijalankan oleh organisasi yang bergerak di bidang media online. Manajemen situs akan lebih baik dan lebih lugas jika terdapat keterpaduan antara penerbitan elektronik dengan unit-unit di lingkungan Pemerintah Daerah yang materinya disajikan melalui situs web bersangkutan. Di dalam strategi pembuatan situs web, penting untuk memastikan bahwa berbagai tugas manajemen yang diperlukan bagi pengelolaan situs yang efektif telah ter-identifikasi, dan tanggung jawab pelaksanaan telah teralokasi serta dipahami dengan jelas. Bagaimana struktur organisasi manajemen situs web Pemerintah Daerah ? Adanya kompleksitas pada publikasi secara elektronik dan bertambahnya kepentingan Pemerintah Propinsi, Kabupaten, dan Kota untuk memberikan informasi kepada masyarakat, maka diperlukan suatu organisasi yang tidak hanya terdiri dari webmaster saja, melainkan meliputi: - Pelindung (Pimpinan Daerah) - Penanggungjawab situs web Pemerintah Daerah (eselon tertinggi di daerah) - Manajer Situs (eselon satu tingkat dibawah eselon tertinggi di daerah) - Tim Pengelola yang melakukan pemantauan pemeliharaan standar-standar situs, terutama tanggungjawab pemasukan informasi yang tersebar luas di dalam organisasi pemerintahan. - Tim Pengarah (para eselon tertinggi di daerah) - Tim Asistensi (para eselon satu tingkat dibawah eselon tertinggi di daerah, mewakili unit-unit kedinasan yang ada di daerah) Struktur organisasi, ukuran, dan jumlah tim yang terlibat pada suatu pengelolaan situs web pemerintah akan bervariasi tergantung pada kebutuhan organisasinya. Bagaimana isi dan desain situs web Pemerintah Daerah ? Unsur terpenting dari sebuah tampilan yang efektif di internet adalah isi dan desain yang baik dan menarik. Organisasi yang ada di Pemerintah Daerah hendaknya mengembangkan situs-situs dengan isi yang selalu baru serta ditulis dengan baik, jelas, dan singkat yang memenuhi kebutuhan masayarakat luas, serta mudah diakses. Suatu informasi yang mutakhir yang dipublikasikan di internet hendaknya bersamaan dengan publikasi yang ada di media lain. Sebuah situs web Pemerintah Daerah mempunyai persyaratan minimal untuk isi situs. Pengelola situs web harus mampu menentukan apa yang diharapkan oleh para pengguna mengenai apa yang seharusnya ada di website. Organisasi-organisasi yang ada di pemerintahan sendirilah yang akan menentukan bagaimana sebaiknya mengatur isi dengan memperhatikan masyarakat pengguna situs web bersangkutan. Analisis dan pengetahuan mengenai masyarakat pengguna untuk sebuah situs web adalah penting, karena adanya kemungkinan perbedaan yang cukup besar antara masyarakat untuk bagian-bagian situs yang berbeda, atau untuk situs-situs yang berbeda di dalam sebuah tingkat organisasi pemerintahan. Pada saat merencanakan dan mengembangkan situs web Pemerintah Daerah, sebaiknya dilakukan riset pasar yang dilakukan berulang kali Apa isi minimal situs web Pemerintah Daerah ? Berdasarkan hasil pengamatan pada sejumlah website Pemerintah Daerah (sekitar 90 buah), dan juga hasil Jajak Pendapat terhadap para pengelola situs website Pemerintah Daerah, isi minimal yang perlu ada pada setiap situs web Pemerintah Daerah adalah : - Selayang Pandang Menjelaskan secara singkat tentang keberadaan Pemerintah Daerah bersangkutan (sejarah, motto daerah, arti lambang, lokasi). - Pemerintah Daerah Menjelaskan struktur organisasi yang ada di Pemerintah Daerah bersangkutan (eksekutif, legislatif) beserta nama, alamat, telepon, e-mail dari pejabat daerah. Jika memungkinkan, biodata dari Pimpinan Daerah dimasukan pada situs web agar masyarakat luas mengetahuinya. - Geografi Menjelaskan tentang keadaan topografi, demografi, cuaca dan iklim, sosial dan ekonomi, budaya dari daerah bersangkutan. - Peta Wilayah dan Sumberdaya Menyajikan batas administrasi wilayah dalam bentuk peta wilayah (sebaiknya digunakan peta referensi yang dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional – Bakosurtanal, www.bakosurtanal.go.id), dan juga sumberdaya yang dimiliki oleh daerah bersangkutan dalam bentuk peta sumberdaya untuk dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh para investor. - Peraturan/Kebijakan Daerah Menjelaskan Peraturan Daerah (Perda) yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah bersangkutan. Melalui situs website Pemerintah Daerah inilah semua Perda yang telah dikeluarkan dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas.
Sumber : http://www.padangpariamankab.go.id/contents.php?cid=301
Selasa, 29 Sepetember 2009 Penggunaan Internet telah mengubah pengunaan teknologi informasi. Di berbagai tempat di dunia, akses terhadap informasi menjadi lebih mudah dan murah dengan adanya media Internet ini. Electronic Government (e-Government) mendapat sorotan karena dianggap dapat menjadi pemacu dari penggunaan Telematika. Dikaitkan dengan otonomi daerah, maka kita akan melihat bahwa peranan Telematika menjadi penting bagi Pemerintah Daerah. Berbagai aktivitas dari Pemerintah Daerah terkait dengan informasi. Contoh dari “komoditas informasi” antara lain: • Sertifikat (akte kelahiran, tanah, dll.) • Perijinan (perusahaan, dll.) • Koordiniasi (antar departemen, biro, dengan Pemerintah Pusat, dsb.) • Hubungan masyarakat (public relation, informasi tentang kemampuan daerah, investasi, dll.) • Ivent Kalender Pemkab Sama halnya dengan kebutuhan individual, maka perlu diteliti juga kebutuhan informasi yang terkait dengan Pemerintah. Dari kebutuhan informasi tersebut baru dapat kita diidentifikasi aplikasi yang terkait. Aplikasi tidak semuanya membutuhkan transaksi.
Banyak aplikasi yang sekedar memberikan jawaban terhadap pertanyaan (query). Namun jumlah dari pertanyaan dan jawaban ini bisa banyak sehingga dapat dilayani dengan menggunakan aplikasi Telematika, seperti dengan membuat situs web. Sebagai catatan, beberapa Pemerintah Daerah di Indonesia sudah membuat situs web. Pada akhirnya, penggunaan Telematika ini dapat meningkatkan pelayanan Pemerintah terhadap masyarakat, yang merupakan tugas utama dari Pemerintah. Masih banyak kendala yang dihadapi dalam rangka mengimplementasikan atau mengaplikasikan Telematika pada Pemerintahan Daerah. Salah satu kendala utama yang ada di Indonesia adalah adanya keterbukaan atau transparansi. Tanpa adanya komitmen dari Pemerintah, maka penggunaan Telematika akan menjadi sia-sia. Kendala lain yang dihadapi oleh Pemerintah Daerah adalah kurangnya sumber daya manusia (SDM) setempat yang dapat mendukung kegiatan bisnis, ekonomi, dan Pemerintahan Daerah. Masalah ini menjadi sensitif jika dikaitkan dengan masalah seputar prioritas terhadap “putra daerah”. Penerapan Telematika dapat membantu Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kemampuan putra daerah dengan kemudahan mendapatkan informasi dari mana saja di seluruh dunia. Sebagian bantuan dan konsultasi dapat dilakukan melalui Internet tanpa perlu mendatangkan konsultan asing.
Jika dilihat dari sudut pandang ini, maka penerapan Telematika secara politis menjadi sangat penting. pelatihan yang diadakan Pemerintah Padang Pariaman ini sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan kualitas SDM di masing-masing SKPD-SKPD, Dinas, Kantor, Bagian-Bagian di lingkungan Pemerintahan Daerah Padang Pariaman. Ini merupakan langkah terbaik Pemerintahan Padang Pariaman untuk menghidupkan kembali semangat dan meningkatkan sumber daya manusia dalam pengenalan Situs web Pemerintah Daerah yang dapat dikatakan sebagai salah satu media informasi dan komunikasi dari suatu Pemerintah Daerah kepada masyarakat/publik mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan daerah bersangkutan. Bentuk penyajian informasi memanfaatkan perkembangan teknologi informasi komunikasi (Information Comummnication Technology), yaitu perubahan dari bentuk buku (publikasi konvensional) ke bentuk publikasi elektronik (media baru) melalui internet. beberapa materi yang kami dapatkan dalam pelatihan ini adalah sebagai beriku : Mengapa perlu dibuat situs web Pemerintah Daerah ? Situs web Pemerintah Daerah merupakan salah satu strategi didalam melaksanakan pengembangan e-government secara sistematik melalui tahapan yang realistik dan terukur. Berdasarkan sifat transaksi informasi dan pelayanan publik yang disediakan oleh Pemerintah Daerah melalui jaringan informasi, pengembangan e-government dapat dilaksanakan melalui 4 (empat) tingkatan, yaitu : Tingkat 1 – Persiapan - Pembuatan situs web sebagai media informasi dan komunikasi pada setiap lembaga. - Sosialisasi situs web untuk internal dan publik. Tingkat 2 – Pematangan - Pembuatan situs web informasi publik yang bersifat interaktif. - Pembuatan antar muka keterhubungan dengan lembaga lain. Tingkat 3 – Pemantapan - Pembuatan situs web yang bersifat transaksi pelayanan publik. - Pembuatan interoperabilitas aplikasi dan data dengan lembaga lain. Tingkat 4 – Pemanfaatan - Pembuatan aplikasi untuk pelayanan yang bersifat Government to Government (G2G), Government to Business (G2B), Government to Consumers (G2C).
Apa yang dimaksud dengan situs web Pemerintah Daerah ? Situs web Pemerintah Daerah dapat dikatakan sebagai salah satu media informasi dan komunikasi dari suatu Pemerintah Daerah kepada masyarakat/publik mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan daerah bersangkutan. Bentuk penyajian informasi memanfaatkan perkembangan teknologi informasi komunikasi (Information Comummnication Technology), yaitu perubahan dari bentuk buku (publikasi konvensional) ke bentuk publikasi elektronik (media baru) melalui internet. Untuk apa situs web Pemerintah Daerah dibuat ? Pembuatan situs web Pemerintah Daerah mempunyai sasaran agar masyarakat Indonesia dapat dengan mudah memperoleh akses kepada informasi dan layanan Pemerintah Daerah, dan ikut berpartisipasi di dalam pengembangan demokrasi di Indonesia dengan menggunakan media internet dan teknologi lain yang akan muncul di kemudian hari.
Situs web Pemerintah Daerah dibuat sesuai dengan keinginan pemerintah di dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat yaitu : 1) perolehan informasi secara mudah, benar, adil, dan luas cakupan; 2) penyebarluasan informasi melalui media elektronik yang meliputi : - semua bahan yang telah diterbitkan atau bahan-bahan yang telah berada di luar perlindungan hak cipta (boleh diketahui oleh umum); - semua informasi yang dibuat dan dikumpulkan sesuai undang-undang (tunduk kepada pertimbangan-pertimbangan kepekaan komersial dan rahasia pribadi); - semua dokumen yang diperlukan bagi kepentingan masyarakat. Situs Web Pemerintah Daerah dimaksudkan untuk diterapkan dan digunakan pada instansi-instansi Pemerintah Daerah yang secara teratur berhubungan satu sama lain, serta harus memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat. Apa yang diharapkan dari pembuatan suatu situs web Pemerintah Daerah ? Situs web Pemerintah Daerah merupakan ‘jendela’ informasi dari suatu Pemerintah Daerah, sehingga diharapkan mempunyai kualitas tinggi, mudah di dalam pengaksesan, dan insklusif, serta menampilkan citra yang berkaitan dengan kegiatan Pemerintah Propinsi, Kabupaten, dan Kota. Isi dan desain penampilan suatu situs web Pemerintah Daerah dapat bervariasi, tetapi fitur-fitur teknis dan manajemen praktis yang baik tidaklah banyak berbeda antara satu pengelola dengan pengelola lain.
Masalah apa yang perlu diperhatikan dalam membangun situs web Pemerintah Daerah ? Terdapat lima masalah yang perlu diperhatikan di dalam membangun dan meng-implementasi-kan strategi publikasi online, yaitu : • kegunaan – untuk keperluan apa suatu situs web Pemerintah Daerah dibuat ? • tanggung jawab – siapa pemilik situs web dan siapa yang bertanggung jawab ? • manajemen situs – bagaimana cara pemberian dan permintaan layanan ? • isi – bagaimana materi disediakan, dipelihara, dan dipresentasikan dalam bentuk online ? • pemutakhiran dan pemeliharaan – bagaimana cara melakukan pemantauan (penggunaan dan penampilan) dan pemutakhiran informasi pada situs web ? Bagaimana hubungan situs web Pemerintah Daerah dengan organisasi pemerintahan ? Suatu hal penting yang harus disadari bahwa keberadaan situs web Pemerintah Daerah yang dibuat, merupakan suatu bagian integral dari organisasi pemerintahan. Semua unit yang ada pada organisasi hendaknya memperhatikan bagaimana mereka dapat menggunakan internet sebaik-baiknya untuk berkomunikasi dengan kelompok-kelompok masyarakat pengguna internet. Instansi Pemerintah Daerah harus membantu perkembangan tingkat kesadaran dan pemahaman yang tinggi bagi seluruh aparat pemerintah mengenai pemanfaatan internet pada organisasi pemerintahan.
Kemampuan internet untuk memberi dan menerima informasi perlu dipahami sebagai suatu keterampilan inti dari informasi dan komunikasi. Diharapkan sebanyak mungkin aparat pemerintah dapat membaca situs yang dibuat oleh Pemerintah Daerah setempat. Siapa yang menangani manajemen situs web Pemerintah Daerah ? Manajemen informasi saat ini cenderung kearah publikasi elektronis dan meninggalkan pelayanan secara konvensional (non elektronik). Kehadiran teknologi media online menyebabkan perlunya seorang eksekutif yang menangani manajemen secara keseluruhan pada tingkat tertinggi. Situs web yang efektif merupakan salah satu strategi yang harus dijalankan oleh organisasi yang bergerak di bidang media online. Manajemen situs akan lebih baik dan lebih lugas jika terdapat keterpaduan antara penerbitan elektronik dengan unit-unit di lingkungan Pemerintah Daerah yang materinya disajikan melalui situs web bersangkutan. Di dalam strategi pembuatan situs web, penting untuk memastikan bahwa berbagai tugas manajemen yang diperlukan bagi pengelolaan situs yang efektif telah ter-identifikasi, dan tanggung jawab pelaksanaan telah teralokasi serta dipahami dengan jelas. Bagaimana struktur organisasi manajemen situs web Pemerintah Daerah ? Adanya kompleksitas pada publikasi secara elektronik dan bertambahnya kepentingan Pemerintah Propinsi, Kabupaten, dan Kota untuk memberikan informasi kepada masyarakat, maka diperlukan suatu organisasi yang tidak hanya terdiri dari webmaster saja, melainkan meliputi: - Pelindung (Pimpinan Daerah) - Penanggungjawab situs web Pemerintah Daerah (eselon tertinggi di daerah) - Manajer Situs (eselon satu tingkat dibawah eselon tertinggi di daerah) - Tim Pengelola yang melakukan pemantauan pemeliharaan standar-standar situs, terutama tanggungjawab pemasukan informasi yang tersebar luas di dalam organisasi pemerintahan. - Tim Pengarah (para eselon tertinggi di daerah) - Tim Asistensi (para eselon satu tingkat dibawah eselon tertinggi di daerah, mewakili unit-unit kedinasan yang ada di daerah) Struktur organisasi, ukuran, dan jumlah tim yang terlibat pada suatu pengelolaan situs web pemerintah akan bervariasi tergantung pada kebutuhan organisasinya. Bagaimana isi dan desain situs web Pemerintah Daerah ? Unsur terpenting dari sebuah tampilan yang efektif di internet adalah isi dan desain yang baik dan menarik. Organisasi yang ada di Pemerintah Daerah hendaknya mengembangkan situs-situs dengan isi yang selalu baru serta ditulis dengan baik, jelas, dan singkat yang memenuhi kebutuhan masayarakat luas, serta mudah diakses. Suatu informasi yang mutakhir yang dipublikasikan di internet hendaknya bersamaan dengan publikasi yang ada di media lain. Sebuah situs web Pemerintah Daerah mempunyai persyaratan minimal untuk isi situs. Pengelola situs web harus mampu menentukan apa yang diharapkan oleh para pengguna mengenai apa yang seharusnya ada di website. Organisasi-organisasi yang ada di pemerintahan sendirilah yang akan menentukan bagaimana sebaiknya mengatur isi dengan memperhatikan masyarakat pengguna situs web bersangkutan. Analisis dan pengetahuan mengenai masyarakat pengguna untuk sebuah situs web adalah penting, karena adanya kemungkinan perbedaan yang cukup besar antara masyarakat untuk bagian-bagian situs yang berbeda, atau untuk situs-situs yang berbeda di dalam sebuah tingkat organisasi pemerintahan. Pada saat merencanakan dan mengembangkan situs web Pemerintah Daerah, sebaiknya dilakukan riset pasar yang dilakukan berulang kali Apa isi minimal situs web Pemerintah Daerah ? Berdasarkan hasil pengamatan pada sejumlah website Pemerintah Daerah (sekitar 90 buah), dan juga hasil Jajak Pendapat terhadap para pengelola situs website Pemerintah Daerah, isi minimal yang perlu ada pada setiap situs web Pemerintah Daerah adalah : - Selayang Pandang Menjelaskan secara singkat tentang keberadaan Pemerintah Daerah bersangkutan (sejarah, motto daerah, arti lambang, lokasi). - Pemerintah Daerah Menjelaskan struktur organisasi yang ada di Pemerintah Daerah bersangkutan (eksekutif, legislatif) beserta nama, alamat, telepon, e-mail dari pejabat daerah. Jika memungkinkan, biodata dari Pimpinan Daerah dimasukan pada situs web agar masyarakat luas mengetahuinya. - Geografi Menjelaskan tentang keadaan topografi, demografi, cuaca dan iklim, sosial dan ekonomi, budaya dari daerah bersangkutan. - Peta Wilayah dan Sumberdaya Menyajikan batas administrasi wilayah dalam bentuk peta wilayah (sebaiknya digunakan peta referensi yang dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional – Bakosurtanal, www.bakosurtanal.go.id), dan juga sumberdaya yang dimiliki oleh daerah bersangkutan dalam bentuk peta sumberdaya untuk dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh para investor. - Peraturan/Kebijakan Daerah Menjelaskan Peraturan Daerah (Perda) yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah bersangkutan. Melalui situs website Pemerintah Daerah inilah semua Perda yang telah dikeluarkan dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas.
Sumber : http://www.padangpariamankab.go.id/contents.php?cid=301
2 komentar:
wah artikel yang bagus. thx. salam kenal
anton hilman
www.hilman.web.id
Blackjack and Casino 2021 - JtmHub
In order to 아이 벳 properly execute this, 울산광역 출장샵 we have to create a blackjack table that 부천 출장마사지 has a blackjack table. Blackjack table layout is 제천 출장마사지 simple to navigate. 김제 출장마사지
Posting Komentar