Jumat, 26 Maret 2010

04.36

Contoh Paragraf Induksi
Suatu lembaga kanker di Amerika melakukan studi tentang hubungan kebiasaan merokok dengan kematian. Antara tanggal 1 Jaanuari dan 31 Mei 1952 terdaftar 187.783 laki – laki yang berumur 50 sampai 69 tahun. Kepada mereka dikemukakan pertanyaan – pertanyaan kebiasaan merokok mereka pada masa lalu dan masa sekarang. Selanjutnya keadaan mereka diikuti terus – menerus selama 44 bulan. Berdasarkan surat kematian dan keterangan medis tentang penyebab kematiannya, diperoleh data bahwa di antara 11.870 kemtian yang dilaporkan 2.249 disebabkan kanker.
Dari seluruh jumlah kematian yang terjadi (baik yang merokok maupun yang tidak) ternyata jumlah kematian dikalangan pengisap rokok tetap jauh lebih tinggi daripada yang tidak pernah merokok, sedangkan jumlah kematian pengisap pipa dan cerutu tidak banyak berbeda dengan jumlah kematian yang tidak pernah merokok.
Dari bukti – bukti yang terkumpul dapatlah dikemukakan bahwa asap tembakau memberi pengaruh yang buruk dan memperpendek umur manusia. Cara yang paling sederhana untuk menghindari kemungkinan itu adalah tidak merokok sama sekali.
(Roger W.Holmes dalam MeCrimmon)

0 komentar:

Posting Komentar